Hit-Id.com - PTC Indonesia

Pages

4

4.4.12

Service Ringan Kipas Angin [Fan]


Kami, baru saja mengalami kipas angin yang bermasalah, adapun gejalanya:

Beberapa minggu sebelumnya, kipas angin berputar agak lamban atau tidak cepat. Putaran kipasnya, tidak sama dengan seperti baru beli dari toko.



Kemudian, beberapa minggu setelahnya, pada akhirnya, kipas di "turn on" [dihidupkan] setelah beberapa jam, kipas angin tersebut mati dengan sendirinya, bila kita dekati maka dari arah gulungan dinamo [cover belakang kipas tercium bau panas menyengat dan terdengar dengungan seperti kipas angin berputar namun berhenti [macet].

Nah, untuk solusinya kami sebagai "user" adalah membuka cover [tutup] belakang kipas angin dan tidak lupa, terlebih dahulu kita harus mencabut aliran listrik.

Kemudian, setelah cover terbuka, kami mencatat kode kapasitor dengan tulisan sebagai berikut; 1,2 uf +5% 50/60h  400VAC. Mengapa kami harus mencatat kapasitor tersebut?

Karena, kami mengantipasi bila yang rusak hanya kapasitor tersebut yang disebabkan perputaran kipas angin dengan waktu berjam-jam bisa saja kapasitornya bermasalah. Asumsi kedua, mungkin saja karena gulungan mesin dinamonya bermasalah atau kawat-kawat tembaganya ada yang putus.Jika begini, anda dipastikan men-servisnya atau menggulung ulang ke tukang dinamo. Tidak cukup murah untuk membayar biayanya bukan?
 
Lalu kami ke toko elektronik terdekat untuk membeli kapasiotr dan memberikan catatan kami, ternyata tidak ada yang nilainya sama melainkan kami diberi dengan spesifikasi nilai 2,5 uf +5% 50/60h  400VAC. Dan yang kami utamakan adalah nilai voltase yang sama. jadi kami tetapkan untuk membeli dan mengganti kapasitor di dalam kipas angin tersebut dengan cara menyolder dan men-solasinya. Cukup murah, hanya membayar Rp. 5.000,- untuk satu kapasitor itu. Akhirnya selesailah sudah, kipas angin dapat berputar kembali.

Maaf-untuk diperhatikan, biasanya setelah diganti kapasitornya [dalam kondisi sebelumnya kipas angin mati/ tidak berputar] anda diharuskan mengolesi sedikit oli pada bagian "as" atau pertemuan besi sebagai sumbu dengan tatakan gulungan dinamo atau sebagai pemegang besi "as" yang berputar dan bantulah dengan tangan untuk diputar-putar agar tidak macet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar