Hit-Id.com - PTC Indonesia

Pages

4

23.3.12

Service Ringan Power Supply Komputer

Voltase [tegangan] listrik turun-naik [tidak stabil] atau komputer sering mati mendadak akibat "mati lampu [kasus PLN]" kadang membuat Power Supply komputer bermasalah seperti kejadian salah satu perihal di bawah ini [contoh power supply ATX 20 pin atau 24 pin]:

  1. Kadang proses komputer setelah berjalan, ada beberapa kasus terjadi "Hang" selain dari kasus proses internal lainnya seperti kasus masalah keterbatasan kerja processor, memory, banyaknya bad sector pada harddisk dan lain sebagainya.
  2. Komputer mati mendadak karena penggunaan "USB Port" berlebih [menggunakan 2 atau 3 flashdisk/ memory external secara bersamaan atau kadang menjadi tidak berfungsi.
  3. Setelah komputer "On" dan tampil menu windows kadang komputer re-start sendiri.
  4. Bila memasuki Menu setup BIOS, kadangkala ada kasus terjadi, harddisk tidak terdeteksi.
Nah, kepada para netter, kasus saya ini adalah: saya sebagai "user [pengguna]" dari komputer yang ada dan tidak tahu lebih jauh tentang "soft electronic" namun saya ber-inisiatif seperti yang saya lakukan di bawah ini:
1. Saya lepas Power Supply dengan cara mencabut semua aliran listrik yang terhubung ke PC maupun monitor atau bahkan segala sound systemnya [speaker]. lalu membuka kotak "kaleng" power supply dengan hati-hati dan setelah terbuka dan terlihat "PCB" dari rangkaian maka dibersihkan oleh "kuas" bersih terlebih dahulu. [sampai disini saya lanjut ke langkah ke-2.

2. Langkah ke-2 adalah memperhatikan komponen yang terlihat "ganjil" seperti "menggelembungnya" beberapa kapasitor atau bahkan ada beberapa solderan timah sebagai hubungan antara beberapa kabel atau komponen satu dengan yang lainnya menjadi kendur atau seperti hitam atau bahkan terputus. Pada point ini saya hanya fokus tentang masalah Voltase [tegangan] listrik turun-naik [tidak stabil] atau komputer sering mati mendadak akibat "mati lampu [kasus PLN]" yang mengakibatkan kapasitor-kapasitor ini "menggelembung" atau "benturan-benturan" aliran listrik yang membuat "koneksi" solderan timah antar komponen terputus. 
Kadangkala, penyebab lainnya adalah masuknya hewan kecil seperti cicak kedalam rongga kaleng Power Supply hingga terjadi arus pendek.
Maka solusi dari itu semua saya mencoba memanasi solderan-solderan timah tersebut dengan hati-hati tanpa harus mencopotnya lalu dilanjutkan pada penggantian kapasitor yang "menggelembung" tadi dengan nilai yang sama atau bahkan saya mencoba menaikan nilai "microfarat" nya, seperti contoh; tertera 3300uf/25v lalu saya ganti 3300uf/25v atau saya naikan menjadi 4000uf/25v dengan ukuran voltnya tetap yaitu 25v. Nah, dari itu semua yang perlu anda perhatikan adalah pemasangan kembali, karena letak "tanda" min/ plus berbeda dan bila "menyolder" tidak terlalu panas hingga merusak komponen lain atau yang utama adalah menyatukan kembali timah yang terputus pada "koneksi komponen" sebelumnya. Kepada para netter, demikianlah yang saya bisa lakukan dan alhamdulillah ya, saya melakukan ini hanya 2 kali saja untuk 2 komputer dari 5 komputer yang ada dan tidak membeli power supply baru dan akhirnya bertahan hingga kini. Hal ini memang terjadi karena "lokasi" saya yang masih bermasalah dengan "voltase PLN".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar