Hit-Id.com - PTC Indonesia

Pages

4

18.1.13

Penggandaan Kapasitas Flashdisk

Beberapa hari yang lalu, ada klien kami seorang Ustad. Beliau mempunyai beberapa Flashdisk merk K****t*** (maaf agak privacy) dengan tekstur transparant berwarna-warni. Cover / bungkusnya tertulis 2 GB yang ditutup Stiker bertuliskan 15GB.
Beliau biasa mengikuti segala macam kajian agama di beberapa penjuru tempat kajian. Entah di Jakarta ataupun di Bekasi. 
Beliau bertanya pada kami, kalau beliau baru saja beli flashdisk sebanyak 2 pcs dengan harga Rp. 50.000,- per pcs-nya. Namun setelah beliau isi flashdisk tersebut ternyata hanya muat sekitar 3GB data kajian saja. Kami menimpali, "Koq bisa tad?, coba dicek properties!" perintah kami. Dan ternyata benar, bahwa propertiesnya menampilkan angka  15GB used!
[Proses cek menampilkan folder yang terhidden, defautlnya windows dan semua data murni kajian seperti msword tidak ada virus ataupun hal negatif lainnya]

Wah. aneh nih, koq bisa ya..
Memang sih sudah cukup lama kita semua tahu bahwa ada software yang katanya bisa menambah kapasitas flashdisk, yang awalnya 1 GB menjadi 2 GB bahkan bisa dijadikan kapasitas kelipatannya. Menurut kami sendiri-logikanya, tidak mungkin menambah kapasitas sebenarnya dari flashdisk, karena kapasitas berkaitan dengan perangkat keras di dalamnya. sedangkan untuk menambah kapasitas, pastilah harus mengubah perangkat di dalam flashdisk tersebut (membeli flashdisk baru dengan kapasitas yang diinginkan).

Kalau hanya sebatas mengubah properties yang tampil, mungkin bisa. Yang awalnya 1 GB, menjadi 2 GB. Misalnya, flashdisk yang sudah kita rubah tersebut bisa menampilkan properties kapasitas 2GB, namun setelah diisi, isinya tetap 1 GB. Kelebihan kapasitas 1 GB yang ada di properties tidak bisa diisi, karena flashdisk yang digunakan hanya memiliki daya tampung sebesar 1 GB. Atau software tersebut hanya mengalikan kapasitas menjadi 2 kali. Kapasitas 1 GB menjadi 2 GB, namun data-data yang kita isikan ke dalamnya juga dikalikan 2 dan tentu saja kapasitasnya hanya 1 GB.

Jadi, bagaimana mungkin data full kajian Ustad itu sebanyak 3gb (setelah cek properties data yang dicopy ke PC) ternyata berbeda dengan cek properties pada Flashdisk tersebut yang ternyata terlihat 15GB?
Mungkinkah ada software baru yang bisa "mengakali" seperti itu, kapasitas 3GB bisa diubah jadi 15GB?

Ini benar-benar penipuan penjualan dan kesimpulan dari kasus ini dapat anda argumenkan masing-masing. (Berhati-hatilah dalam membeli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar